Arab Saudi Bentuk Program Transformasi Nasional 2020 Demi Dongkrak Perekonomian Non-Minyak

Admin,
4 Februari 2022 - 18:31

Menyusul bom minyak pada tahun 2003-2013 yang meluncurkan Arab Saudi ke dalam lonjakan profitabilitas, menciptakan lowongan pekerjaan besar-besaran. Hal ini membuat perekonomian negara naik secara eksponensial. Lantas pda tahun 2014, harga minyak turun menjadikan perekonomian juga tidak bmenentu.

Untuk mengantisipasi, Kerajaan mulai melakukan diversifikasi dan menjauh dari ekonomi utamanya yang berbasis minyak dengan mengembangkan industri baru. Dengan visi teranyar, Arab Saudi memulai rencana transformatif guna memajukan bangsa ke era lebih modern dan tidak menggantungkan pada satu sektor saja. Maka lahirlah National Transformation Program 2020 atau Program Transformasi Nasional 2020.

Sebagai batu loncatan untuk tindakan pembangunan ekonomi dan sosial yang ditetapkan, NTP adalah rencana strategis untuk mengimplementasikan tujuan sosial dan ekonomi nasional guna perbaikan negara di berbagai sektor pada tahun 2020.

Dimulai pada tahun 2016, inisiatif ini bertujuan untuk mentargetkan bidang reformasi spesifik dan ambisius serta kemajuan pembangunan dengan menerapkan tujuan strategis melalui bimbingan badan pemerintah tertentu. Adapun tujuan spesifiknya dalam ulasan berikut ini!

  • Memperkuat kemitraan sektor swasta

Salah satu cara yang dilakukan yang dengan bermitra dengan sektor swasta. Hal ini juga bertujuan untuk mendanai inisitiaf NTP 2020 hingga lebih dari 40 persen. Arab Saudi berharap dapat secara signifikan meningkatkan kontribusi swasta terhadap PDB nasional.

Menciptakan lapangan kerja

Sesuai dengan yang melatar belakangi visi, tujuan dari program tersebut adalah menciptakan peluang bagi semua orang. Setidaknya lowongan pekerjaan yang dibuka sebanyak 450.000 non pemerintah pada tahun 2020.

  • Transformasi digital

Program juga bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam kemajuan dan transformasi digital. Langkahnya yakni melalui pengembangan aset dan inisiatif digital. Sebab negara juga bermaksud untuk mengembangkan infrastruktur teknologi demi peningkatan sektor ekonomi, mendukung industri dan pengembangan model bisnis.

  • Memaksimalkan konten lokal

Untuk mengurangi ketergantungan nasional pada impor, negara menciptakan peluang kerja dan menambah nilai pada konten lokal. Selain itu juga berbagi inisiatif demi melokalkan dan memaksimalkan konten di berbagai sektor.

 

NTP 2020 dan Visi 2030 diharapkan mampu mendongkrak perekonomian Arab Saudi dari berbagai sektor industri. Untuk mendukung itu juga, Arab Saudi membuka pekerjaan untuk tenaga kerja baik lokal maupun asing guna turut membangun. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp